Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Via SMS

Hendak membayar pajak kendaraan bermotor tapi tak tahu berapa besaran biayanya ? Tenang, sekarang kawan bisa mengecek pajak kendaraan bermotor via SMS dulu sebelum bayar pajak kendaraan. Dengan begini kawan bisa mempersiapkan dulu jauh-jauh hari anggaran biaya untuk membayar pajak kendaraan bermotor.

Seperti biasa, dalam artikel  ini akan saya lengkapi gambar panduan atau prakteknya, beserta pembuktiannya dengan STNK asli. So, langsung aja yuk kita mulai langkah-langkah cara mengetahui pajak kendaraan bermotor via sms.

Cek Pajak Kendaraan Bermotor Via SMS

Untuk beberapa provinsi di bawah ini, kawan bisa mengetahui pajak kendaraan dengan cara menggirimkan sms.

1. DKI Jakarta

Untuk wilayah Jakarta, kawan bisa mengirim sms ke nomor 1717 dengan format : METRO<spasi>plat nomor polisi
Contoh : METRO B4700TKR

2. Jawa Barat

Untuk wilayah Jawa barat,  kawan bisa mengirim sms ke nomor 3977 dengan format : poldajbr<spasi>plat nomor polisi
Contoh : poldajbr F6164MZ

3. Jawa Tengah

Untuk wilayah Jawa Tengah,  kawan bisa mengirim sms ke nomor 7070 dengan format : JATENG<spasi>plat nomor polisi
Contoh : JATENG H5677DS

4. Jawa Timur

Untuk wilayah Jawa Timur, kawan bisa mengirim sms ke nomor 7070 dengan format : JATIM<spasi>plat nomor polisi
Contoh : JATIM L3395AI

5. Yogyakarta

Untuk wilayah Yogyakarta, kawan bisa mengirim sms ke nomor 9600 dengan format :
DIY<spasi>plat nomor polisi
Contoh : DIY AB3357AD

Note : Font bebas, huruf besar maupun huruf kecil, yang terpenting kombinasi huruf dan angka nopol kendaraan jangan dipisah, misal L3395ai, bukan L 3395 ai.

Cek Pajak Kendaraan Bermotor Via SMS Jatim

1. Misalkan saja saya ingin mengetahui pajak kendaraan saya ( sepeda motor ) dengan nopol W6164MZ. Maka saya mengetik sms yang berisi : jatim W6164mz lalu saya kirim ke 7070, perhatikan gambar di bawah ini.
Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Via SMS

2. Tanpa menunggu lama saya mendapatkan balasan yang berisi konfirmasi dan informasi biaya sms sebesar Rp. 350/SMS, lihat pada gambar di bawah.
Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Via SMS

3. Maka sesuai instruksi, saya balas saja dengan mengetik "ok".
Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Via SMS

4. Lagi-lagi tanpa menunggu lama, saya langsung mendapatkan balasan berisi beberapa informasi terkait kendaraan saya tadi, termasuk besaran pajaknya. Lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.
Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Via SMS

5. Sekarang mari kita buktikan apakah informasi tersebut akurat ? .Berikut ini adalah capture STNK asli dari kendaraan dengan nopol W6164MZ. Perhatikan pada tanda hijau ; W6164MZ - YAMAHA/45P(BYSON)-2012/150-26-09-2017. Benar-benar akurat.
Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Via SMS

6. Berikutnya adalah pada tabel informasi biaya pajak kendaraan di sebelah kanan. Perhatikan pada tanda hijau, mari kita cek ; JAWATIMUR-241.500-35.000. Sama persis bukan ? Sip.
Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Via SMS


Hogeh, demikianlah langkah sederhana untuk mengetahui pajak kendaraan bermotor lewat sms yang bisa saya bagikan dalam kesempatan kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kawan-kawan semua. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di blog Contoh Cara Langkah.


0 komentar:

Posting Komentar


Top